8 PANDUAN CARA EDIT VIDEO DI PC DENGAN MOVIE MAKER TERBARU



Membahas tentang cara edit video di PC memang tak ada habisnya, mulai dari tehnik edit video yang sederhana hingga yang rumit semuanya bisa dilakukan di PC / Laptop. Kebanyakan film film modern saat ini seperti film bergenre action, scifi atau fantasy tentu tak lepas dari video editing terutama untuk menambahkan efek efek tertentu seperti pada teknologi CGI.

Sedangkan untuk dasar dasar edit video di PC kita bisa memulai untuk belajar merangkai foto menjadi video slideshow, memotong video / cropping, menambahkah teks / subtitle di video, menghilangkan suara pada video, menggabungkan beberapa video, menambahkan audio / suara pada video, dan lain sebagainya.

Lalu aplikasi / software apa yang bisa digunakan untuk edit video ? Ada banyak sekali software yang bisa digunakan salah satunya adalah Windows Movie Maker, software ini adalah bawaan Windows jika anda masih belum memiliki software ini bisa diunduh gratis di situs resmi microsoft.com atau situs lain yang menyediakan link download Movie Maker. Pastikan juga anda download versi terbarunya karena memiliki fitur lebih banyak.

PANDUAN DASAR EDIT VIDEO DENGAN WINDOWS MOVIE MAKER


1. MEMBUAT VIDEO SLIDESHOW

Video slideshow merupakan video hasil rangkaian foto. Berikut cara membuatnya dengan Movie Maker :

1. Klik Add Videos and Photos, lalu masukkan beberapa gambar / foto sehingga nanti akan seperti pada gambar dibawah ini.


2. Agar lebih menarik anda bisa menambahkan video transisi / animasi, klik pada foto lalu pilih Animations, lalukan hal yang sama pada foto yang lain.


3. Jika sudah langsung saja save.


2. MEMOTONG DURASI VIDEO

Selanjutnya adalah memotong durasi video. Jika anda memiliki video yang berdurasi panjang lalu ingin memotongnya maka langkahnya sebagai berikut :

1. Masukkan video dengan klik Add Videos and Photos.

 2. Klik Video Tools > letakkan kursor / mouse pada durasi video lalu klik Set Start Points untuk menjadikan awal video.

3. Ulangi langkah diatas lalu klik Set End Point untuk menjadikan sbg akhir video. Save jika sudah.



3. MENGGABUNGKAN BEBERAPA VIDEO JADI SATU

Anda juga bisa menggabungkan beberapa video sekaligus walaupun berbeda format. Misalnya kita menggabungkan 3 video dengan format berbeda video 1 flv, video 2 wmv dan video 3 mp4. Caranya cukup masukkan videonya dengan klik menu Add videos and Photos lalu save seperti halnya dalam membuat video slideshow pada penjelasan nomor 1 diatas.

4. MENAMBAHKAN TEKS / TULISAN DI VIDEO

Ada 3 jenis teks yang bisa ditambahkan disini, pertama Title (Teks yang muncul diawal video), Caption (Teks yang muncul dalam video), dan Credits (Teks yang muncul pada akhir video). Berikut cara menambahkan teks di video dalam bentuk Caption :

1. Masukkan Video anda ke Movie maker, lalu klik Caption, lalu akan muncul tulisan Enter Text Here, silahkan masukkan tulisan anda, bisa juga mengatur posisi tulisan, font, warna, dan efek tulisan.


2. Berikut contoh hasilnya....


3. Selanjutnya adalah mengatur durasi tulisan, klik Text Tool, lalu ubah pada Start Time dan Text Duration. Save jika sudah selesai.


Untuk Title dan Credit cara membuatnya sama, hanya saja posisi tulisan Title berada diawal video sementara Credit berada di akhir video.

5. MEMBUAT EFEK DI VIDEO

Ada beberapa efek video yang bisa diterapkan pada video sehingga membuat video menjadi lebih menarik misalnya video menjadi bergelombang, blur, berputar 360 derajat dan masih banyak lagi. Pilih menu Visual Effect untuk memberikan efek pada video, anda juga bisa menggabungkan beberapa efek menjadi satu.



6. MENGGANTI SUARA PADA VIDEO

Jika ingin mengganti suara bawaan video dengan audio anda sendiri berikut langkah langkahnya :

1. Masukkan video (Add Videos and Photos), masukkan juga file audio / suara (Add Music), lalu di timeline Movie Maker akan ada 2 file yakni file video di bagian atas dan file audio dibawahnya.


2. Agar audio bisa terdengar, kita harus membisukan / mematikan suara pada suara bawaan video yang asli. Caranya klik Video Tools > Video Volume > buat volume mengecil / geser ke kiri. Save jika sudah selesai.


7. MEMBUAT VIDEO INTRO

Apa itu Video Intro ? Video intro atau pembuka merupakan video durasi pendek (beberapa detik) yang berada di awal video. Jika anda sering nonton Video Youtube disana akan banyak sekali video video yang ada intronya. Khusus untuk video intro ini, saya sudah membuat dalam bentuk artikel terpisah, lihat : Membuat Video Intro di Movie Maker.

8. MEMBUAT WATERMARK VIDEO DENGAN TEKS

Membuat watermark teks pada video bisa kita lakukan menggunakan Moviemaker. Cara membuat watermark teks sebenarnya sama saja dengan menambahkan teks di video menggunakan pilihan Caption. Selanjutnya gunakan teks berukuran kecil dan posisikan teks pada pojok video, jangan lupa untuk membuat durasa teks sama panjangnya dengan durasi video


Itulah 8 cara edit video di PC dengan menggunakan Windows Movie Maker. Panduan diatas merupakan panduan dasarnya saja. Anda bisa bereksperimen sendiri dengan menggabungkan beberapa cara diatas untuk mendapatkan hasil video editing yang lebih unik dan menarik. Semoga bermanfaat.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : 8 PANDUAN CARA EDIT VIDEO DI PC DENGAN MOVIE MAKER TERBARU

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.