APA ITU CUSTOM ROM ANDROID ? SERTA KEUNTUNGAN & KERUGIAN CUSTOM ROM



Apa itu Custom Rom ? Secara umum Custom ROM adalah sebuah Firmware yang sudah di kembangkan oleh developer pihak ke-3 yang memiliki tujuan tertentu misalnya untuk menyempurnakan Firmware lain. Garis besarnya Custom ROM bertujuan untuk merubah firmware asli bawaan vendor atau yang familiar disebut "Stock ROM". Sebenarnya custom Rom tak hanya digunakan untuk perangkat Android tetapi juga pada beberapa komputer atau handphone yang ber OS lain.

Custom ROM berarti melakukan kostumisasi ROM. Jika dikaitkan pada Android, maka kostum ROM adalah kegiatan untuk melakukan kostumisasi ROM yang sudah disediakan oleh developer Android itu sendiri. Custom Rom bisa dilakukan pada Android yang telah diroot terlebih dahulu. Berbeda dengan developer OS lainnya, pihak Android memberikan keleluasaan kepada para penggunaannya untuk mengotak-atik pengaturan default dari ROM atau stock ROM, sehingga nantinya para pengguna dapat berkreasi sesuka hati. Meski begitu, custom ROM tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada poin-poin berikut.


KEUNTUNGAN CUSTOM ROM PADA ANDROID


1. MENGUBAH TAMPILAN / LAYOUT ANDROID

Dengan custom rom kita bisa mengubah tampilan android agar semakin menarik lebih user friendly. Mungkin ini yang banyak disesalkan oleh para user Android mengenai tampilan Android dari vendor asli tidak cukup menarik bahkan tergolong jelek. Sebetulnya ini bisa diatasi dengan menggunakan Launcher dengan layout UI yang lebih baik, tetapi Launcher tidaklah berfungsi sebagai tema / tampilan home asli.

2. MENINGKATKAN PERFORMA ANDROID

Mungkin android yang lelet atau lemot bisa diatasi dengan Custom ROM, tetapi lemot yang dimaksud bukanlah akibat banyaknya aplikasi yang di Install. Selain mengkatkan kecepatan dan performa Custom rom juga bisa meningkatkan kekuatan daya baterai.

3. MEMPERBAIKI KELEMAHAN VENDOR BAWAAN

Keuntungan dari Custom Rom selanjutnya adalah memperbaiki kelemahan vendor bawaan. Pada beberapa smartphone Android ada beberapa fitur yang dinilai kurang efektif dan terbilang tidak bagus. Misalnya saja untuk mengaktifkan bluetooth saja harus pergi ke menu Setting, dengan melakukan custom rom menu bluetoth bisa dimunculkan di status bar.

4. MEMINIMALKAN BUG PADA VENDOR

Mungkin bug yang ditemukan pada stock ROM adalah hal yang menjengkelkan tetapi kemunculan Stock ROM dari pihak ketiga memang sangat menguntungkan salah satunya untuk hal seperti ini.

KERUGIAN CUSTOM ROM PADA ANDROID


Selain memiliki beberapa keuntungan, Custom Rom juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diperhatikan. Diantaranya, adalah sebagai berikut :

1. BRICK PADA PERANGKAT

Jika Anda tidak berhati-hati dalam melakukan custom ROM Android, maka besar kemungkinannya terjadi kerusakan atau brick, bahkan hingga permanen. Terlebih pada saat melakukan kostumisasi, ada banyak tahapan yang harus dilakukan. Beberapa detail kecil saja Anda lewatkan mungkin dapat membuat suatu perubahan yang besar pada perangkat.

2. MENGHAPUS GARANSI

Melakukan kostumisasi ROM , terlebih secara keseluruhan dapat menyebabkan garansi  tidak berlaku lagi. Hal ini merupakan konsekuensi dari mengganti ROM yang sudah disediakan perusahaan perangkat tersebut. Terlebih jika garansi berkenaan dengan software dan sistem.

3. MENIADAKAN DUKUNGAN PROVIDER

Sama halnya dengan garansi, dukungan provider dalam masalah teknik, entah itu mengenai interface, aplikasi atau apapun yang ada pada perangkat Android dapat hilang jika Anda melakukan custom ROM. Hal ini bisa karena provider memang tidak ingin melakukannya atau provider tidak mampu melakukannya. Terlebih jika custom ROM benar-benar berbeda dari ROM bawaan perangkat tersebut.

4. KEMUNGKINAN FITUR YANG TAK BEKERJA

Kerugian atau kekurangan yang mungkin dialami pengguna setelah mengganti ROM default atau stock ROM dengan custom ROM adalah fitur yang tidak bekerja. Hal ini sangat mungkin terjadi, terlebih jika Anda memang melakukan pengaturan yang salah ketika kostumisasi. Contoh kecilnya saja fitur trackball ataupun keyboard yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau notifikasi yang tidak menyala dan kerusakan-kerusakan kecil lainnya.

5. RAWAN MALWARE & VIRUS

Kerugian terakhir yang mungkin bisa Anda alami ketika melakukan custom ROM Android adalah terkena malware atau virus. Hal ini dapat terjadi jika Anda mengunduh custom ROM yang salah. Dimana custom ROM tersebut oleh developernya telah disisipkan suatu program jahat, yang mampu membuat perangkat Android Anda rusak.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : APA ITU CUSTOM ROM ANDROID ? SERTA KEUNTUNGAN & KERUGIAN CUSTOM ROM

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.